Langsung ke konten utama

Bengong di Kost, Pilih Lanjut ke Ultah Berau

Moment yang akan saya ceritakan ini adalah ketika tengah perayaan hari jadi Kabupaten Berau tepatnya di tahun 2014. Kabupaten Berau Kalimantan Timur terkenal dengan pesta meriahnya jika merayakan hari jadinya. Biasanya acara tersebut akan dilangsungkan selama beberapa hari, acara di isi dengan berbagai pameran, pasar malam pentas musik dan lain-lain. Sangat meriah menjrut saya.

Kebetulan pada hari jadi tahun 2014 acara tersebut dilaksanakan di area Pasar Sanggam yang merupakan pasar satu-satunya pasar tradisional yang areanya besar dan sangat modern, bersih dan tertata rapi. Setiap area jenis dagangan, parkir, cafe dan taman ditata sangat rapi. Saya rasa pasar Sanggam ini merupakan salah satu pasar tradisional yang paling modern di Indonesia.

Kebetulan kami berangkat dari Labanan sudah cukup malam, waktu tempuh dari Labanan ke Pasar Sanggam cukup jauh sekitar 30 menit. Sesampai disana terlihat kondisinya sangat ramai walaupun belum merupakan acara puncak. Banyak pedagang kuliner dan pedagang suvenir khas Dayak Berau yang dipajang. Pentas musik juga masih cukup ramai. Kami berkeliling-keliling dahulu menikmati suasana expo di komplek tersebut, perhatian saya tertuju pada galeri suvenir dan barang-barang khas Dayak. Cukup lama saya di stand itu. Sebelumnya saya hanya pernah melihat benda-benda tersebut di tv, namun kali ini langsung. Sebenarnya saya cukup ketinggalan wawasan mengenai benda-benda tersebut, mengingat saya adalah suku asli Kalimantan juga namun kampung saya di Kalsel jadi agak jarang melihat benda-benda seperti itu.

Cukup lama kami berkeliling dan hampir semua area sudah disisir. Kemudian kami putuskan untuk makan malam di salah satu cafe yang terletak di lantai dua pasar tersebut. Tampak jelas dari atas ramainya pengunjung pada malam itu, karena hari sudah cukup malam maka pentas musik dihentikan oleh panitia. Kami memesan sop tulangan, tidak terlalu lama hidangan siap untuk disantap. Pada moment-moment ini, bakat alay saya terpanggil. Tanpa pikir panjang camera on. Video bisa dilihat di sela-sela postingan ini. Setelah makam selesai kami putuskan untuk kembali pulang karena sudah cukup malam dan besok harus bekerja seperti biasa.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Pertama Edit Video Menggunakan Adobe Premiere Pro CC

Sebenarnya keinginan untuk bikin video yang diedit-edit itu sudah lama pas sejak adanya kompetisi bikin video parodi momen ulang tahun perusahaan tempat saya bekerja, tepatnya adalah bulan April 2016 kemarin. Sebenarnya pada saat itu pengen juag ikut  berpartisipasi membuat video seperti di site-site lainnya, namun karena saya nda punya perangkat kamera dan nda tau cara edit-edit maka keinginan itu saya batalkan.
Sempat tanya-tanya teman di tempat kerja mengenai aplikasi editing video dan bagaimana cara mengeditnya, namun mereka tidak ada yang tau, walaupun tau informasi yang diberikan juga cukup minim bahkan kurang. Karena kebetulan mereka disini kebanyakan hobinya bukan ideografi tapi fotografi, jadi nda pada copy aplikasi-aplikasi editing video.
Karena sudah keburu penasaran sama yang namanya editing, kebetulan pada pagi sabtu itu yang adalah hari off saya. Pas kayanya paket data masih cukup banyak dan 3G masih stabil saya luangkan waktu untuk buka-buka youtube sambail cari-cari tut…

Indahnya Pulau Samber Gelap di Kotabaru, Kalimantan Selatan

Postingkan kali ini saya akan bercerita tentang liburan saya ke Pulau Samber Gelap, pulau ini berada di wilayah Kabupaten Kotabaru bagian timur. Persisnya berada di Selat Makassar atau sebelah timur dari pulau Kotabaru. Sebenarnya rencana keberangkatan kami sudah lama, namun terkendala oleh teman-teman lainnya yang memiliki hari libur yang terbatas. Saya dan teman saya berangkat dari Mantewe, namun ke dua orang teman lainnya menunggu di Batulicin. Sekitar pukul 06.00 Wita kami berangkat dari rumah, kemudian sesampai di Batulicin repacking kembali terkait dengan perbekalan selama kami disana.

Perlu diketahui bahwa Pulau Samber Gelap adalah pulau kecil yang sangat terpencil dikarenakan posisi pulaunya yang berada di tengah laut lepas. Sehingga pulau tersebut tidak berpenghuni atau tidak seperti perkampungan di Pulau Derawan. Di Pulau Samber Gelap sendiri hanya ditinggali para karyawan salah satu pemilik pulau tersebut (informasinya pulau itu sudah dimiliki oleh orang pribadi), sedangkan …

Keindahan Pantai Sebanti di Kecamatan Pulau Laut Barat, Kotabaru

Pada postingan kali ini saya akan bercerita tentang Pantai Sebanti yang berada di Desa Sebanti Kecamatan Pulau Laut Barat Kotabaru Kalimantan Selatan. Persisnya Pantai Sebanti berada hanya sekitar 15 menit sebelum Desa Lontar apabila dari arah Pelabuhan Tanjung Serdang. Pantai ini tidak jauh dari jalan utama, hanya sekitar 200 meter saja dengan kondisi jalan yang sudah dipaving. Di Pantai Sebanti ini fasilitasnya boleh dibilang cukup lengkap karena berada di samping Kantor Pemerintahan Desa Sebanti, serta di sisi pantainya terdapat lapangan sepak bola. Selain itu di pantai ini juga terdapat warung penjual makanan.

Pantai Sebanti memiliki hamparan pasir putih dan air yang sangat bening sehingga terumbu karang yang berada di dasar laut terlihat sangat jelas, jadi sangat cocok untuk berenang ataupun snorkeling dan menyelam. Pantai ini juga sangat cocok untuk wisata keluarga, karena dasar pantainya yang landai sampai ke tengah laut, jadi bagi anak-anak yang ingin bermain air atau berenang …