Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ampuh!!! Inilah 5 Manfaat Kencur Untuk Kesehatan Tubuh

Illustration : pixabay.com

Sudah sejak lama kencur dikenal sebagai bumbu masak, tapi tahukah anda bahwa kencur juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.
Berikut adalah rangkuman dari 5 (lima) khasiat kencur untuk kebugaran badan.

1. Mengobati Diare

Zat sitotoksik dan antibakteri yang terdapat di dalam kencur dapat mengobati diare. Pernyataan ini sesuai dengan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para peneliti di Universitas Jahangirnagar, Bangladesh.

2. Menghilangkan Gangguan Stress

Penelitian yang juga dilakukan oleh Universitas Jahangirnagar, Bangladesh menunjukan bahwa kencur dapat memberikan efek sedatif atau menenangkan. Dikarenakan kencur memiliki sifat antidepresan terhadap sistem saraf pusat.

3. Mengatasi Radang

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh Universitas Katholik Widya Mandala Surabaya menunjukan bahwa penambahan enhancer dalam patch topikal ekstrak etanol kencur dapat meningkatkan penetrasi ekstrak ke dalam kulit, sehingga memiliki efek antinflamasi yang lebih baik daripada produk antiinflamasi dalam sediaan yang sudah ada sipasaran.

4. Mengobati Sakit Tenggorokan

Karena kencur memiliki efek antiinflamasi atau anti radang, sehingga kencur juga efektif untuk mengobati sakit tenggorookan atau radang pada tenggorokan.

5. Meningkatkan Nafsu Makan

Kencur juga mengandung beberapa vitamin terutama vitamin B, sehingga kencur juga sangat baik untuk memperbaiki nafsu makan apabila dikonsumsi secara teratur dan sesuai takaran.

Yup itulah penjelasan dari 5 (lima) rangkuman manfaat kencur untuk kesehatan tubuh. Tunggu apalagi, selain kencur mudah didapat di daerah tropis seperti indonesia, kencur juga memiliki harga yang relatif murah. Dan yang paling penting kencur adalah bahan obat-obatan herbal, sehingga tidak berefek buruk apabila dikonsumsi secara terus-menerus.

Posting Komentar untuk "Ampuh!!! Inilah 5 Manfaat Kencur Untuk Kesehatan Tubuh"

Berlangganan via Email