Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Memperbaiki atau Meningkatkan Kinerja Laptop atau Personal Computer yang Kinerjanya Lemot

Illustration by www.freepik.com Design by Yanalya

Pada postingan ini saya akan sedikit menjelaskan salah satu solusi terhadap laptop atau PC yang kinerjanya keok, lambat atau lemot. Tulisan ini terinspirasi dari pengalaman saya sendiri yang mengalami laptop yang kinerjanya sangat payah.

Padahal laptop yang saya gunakan spesifikasinya tidaklah terlalu jadul untuk tahun 2018. Spek laptop saya memiliki Prosesor Intel i5-6200U kemudian memiliki RAM 4GB dan kartu grafis NVIDIA GEFORCE 540M. Saya rasa masih cukup handal untuk melalukan pekerjaan seperti membuka Folder Explorer, Google Chrome, Adobe Illustrator CC 2018 serta Adobe Photoshop CC 2018.


Berawal dari tingkat stress saya yang sudah mulai memuncak dikarenakan kinerja laptop saya yang makin hari semakin tidak berdaya, jangankan membuka Adobe Photoshop membuka Folder biasa saja saya harus menunggu loading yang cukup lama. Akhirnya saya teringat oleh perkataan salah satu IT di tempat kerja dulu, katanya jika menaruh file jangan di Desktop karena itu bisa bikin lambat kerja komputer. 

Dari dasar itulah saya mencoba mencek file-file apa saja yang terdapat di Folder Desktop saya, eh ternyata banyak sekali file foto hasil editan dari Adobe Lightroom dan Photoshop yang saya taruh disana dan belum saya pindahkan ke drive lainnya. Setelah ditotal-total ternyata jumlah besaran file tersebut mencapai puluhan Giga Byte. 

Tanpa banyak buang waktu akhirnya file-file tersebut langsung saya pindahkan ke drive E pada laptop saya. Setelah file selesai dipindahkan semua, alangkah takjubnya saya kinerja laptop saya langsung berubah drastis menjadi lebih cepat dan gesit. Mungkin salah satu masalah tang membuat PC atau Laptop kalian adalah masih banyaknya file tersimpan di Folder Desktop, coba deh segera cek dan bersihkan, mungkin itu salah satu biang keroknya. Silakan dicoba cara sederhana ini, dan semoga berhasil.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Memperbaiki atau Meningkatkan Kinerja Laptop atau Personal Computer yang Kinerjanya Lemot"

Berlangganan via Email