Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Meningkatkan SEO Blog atau Website dengan Cara Mendaftarkan Sitemap atau Peta Situs di Search Engine Google

Illustration by Freepik

1EHER.com - Pada postingan kali ini saya akan memberikan trik dan tips bagaimana caranya untuk mendaftarkan sitemap atau peta situs pada blog pribadi maupun website pribadi milik kalian. Sebelum saya jelaskan langkah-langkahnya, alangkah baiknya saya jelaskan secara singkat mengenai pentingnya kita mendaftarkan atau mengaubmit peta situs kita ke Sistem Mesin Pencari Google. 

Jadi intinya sangat tidak lengkap apabila kita memiliki blog ataupun website namun tidak dapat ditemukan oleh mesin pencari Google dengan menggunakan lata kunci tertentu. Sangat buang-buang waktu bukan? kita sudah capek-capek bikin dan menulis artikel, ternyata tidak ada yang dapat membacanya. Jadi solusi agar blog atau website kalian dengan ditemukan oleh mesin pencari Google yaitu dengan cara mengsubmit atau mendaftarkan sitemap blog maupun website kalian ke dalam sistem perayapan milik Google. 

Cara seperti ini populer disebut dengan trik untuk meningkatkan SEO di Search Engine Google atau peningkatan optimalisasi mesin pencari situs pada mesin pencari Google. Cara peningkatan SEO ke mesin pencari milik Google dapat dilakukan dengan dua cara, pertama dengan mengsubmit secara manual url atau link peta situs atau sitemap milik blog/website kalian menggunakan produk google sendiri yaitu Google Search Console. 

Nah cara yang kedua cara yang paling mudah adalah dengan cara mem-ping langsung peta situs atau sitemap milik blog/website kalian ke dalam sistem perayapan milik Google dengan memggunakan browser seperti Chrome, Mozilla, atau Safari.

Untuk cara pertama syaratnya kalian harus memiliki akun email milik Google yaitu Gmail untuk login ke dalam produk Google Search Console. Untuk lebih gampangnya ikuti langkah-langkah yang saya susun sebagai berikut :
  1. Login
  2. Masuk ke Dashboard
  3. Tambah Property
  4. Masukan Property Baru dengan memasukan alamat atau URL blog/website kalian untuk diverifikasi terlebih dahulu. Contoh URL https://www.contoh.com
  5. Jika Sudah Tervirifikasi, lanjut klik tombol ....
  6. Klik tombol Sitemap
  7. Masukan sitemap/peta situs, biasanya formatnya seperti ini https://www.contoh.com/sitemap.xml
  8. Silakan di edit URL yang berwarna merah sesuai alamat website kalian.
  9. Kemudian Klik ....
  10. Lihat Pesan Apakah sudah terverifikasi.
  11. Selesai
Untuk cara kedua atau cara yanv paling mudah menurut saya yaitu dengan langsung mem-ping URL blog/website kalian langsung melalui browser. Dengan cara ini kalian tidak perlu login ke akun tertentu atau semacamnya, namun langsung dengan mengengetikan URL dengan format khusus, yang didalam URL tersebut sudah ditambahkan URL blog/website kalian. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Ambil copy format URL yang telah di tentukan Google forrmatnya, berikut formatnya : http://www.google.com/ping?sitemap=https://example.com/sitemap.xml
  2. Edit URL tersebut pada bagian alamat blog/website yang berwarna merah sesuai yang kalian miliki.
  3. Setelah selesai diedit, taruh URL yang sudah dimodifikasi tadi ke dalam kolom browser kalian.
  4. Lalu tekan ENTER
  5. Tunggu beberapa saat akan ada konfirmasi dari Google seperti contoh pesan dibawah.
  6. Selesai
Yup gampang sekali kan... selamat mencoba dan semoga berhasil...

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Meningkatkan SEO Blog atau Website dengan Cara Mendaftarkan Sitemap atau Peta Situs di Search Engine Google"

Berlangganan via Email