Langsung ke konten utama

Cara Mudah Meningkatkan SEO Blog atau Website dengan Cara Mendaftarkan Sitemap atau Peta Situs di Search Engine Google

Illustration by Freepik

Pada postingan kali ini saya akan memberikan trik dan tips bagaimana caranya untuk mendaftarkan sitemap atau peta situs pada blog pribadi maupun website pribadi milik kalian. Sebelum saya jelaskan langkah-langkahnya, alangkah baiknya saya jelaskan secara singkat mengenai pentingnya kita mendaftarkan atau mengaubmit peta situs kita ke Sistem Mesin Pencari Google. 

Jadi intinya sangat tidak lengkap apabila kita memiliki blog ataupun website namun tidak dapat ditemukan oleh mesin pencari Google dengan menggunakan lata kunci tertentu. Sangat buang-buang waktu bukan? kita sudah capek-capek bikin dan menulis artikel, ternyata tidak ada yang dapat membacanya. Jadi solusi agar blog atau website kalian dengan ditemukan oleh mesin pencari Google yaitu dengan cara mengsubmit atau mendaftarkan sitemap blog maupun website kalian ke dalam sistem perayapan milik Google. 

Cara seperti ini populer disebut dengan trik untuk meningkatkan SEO di Search Engine Google atau peningkatan optimalisasi mesin pencari situs pada mesin pencari Google. Cara peningkatan SEO ke mesin pencari milik Google dapat dilakukan dengan dua cara, pertama dengan mengsubmit secara manual url atau link peta situs atau sitemap milik blog/website kalian menggunakan produk google sendiri yaitu Google Search Console. 

Nah cara yang kedua cara yang paling mudah adalah dengan cara mem-ping langsung peta situs atau sitemap milik blog/website kalian ke dalam sistem perayapan milik Google dengan memggunakan browser seperti Chrome, Mozilla, atau Safari.

Untuk cara pertama syaratnya kalian harus memiliki akun email milik Google yaitu Gmail untuk login ke dalam produk Google Search Console. Untuk lebih gampangnya ikuti langkah-langkah yang saya susun sebagai berikut :
  1. Login
  2. Masuk ke Dashboard
  3. Tambah Property
  4. Masukan Property Baru dengan memasukan alamat atau URL blog/website kalian untuk diverifikasi terlebih dahulu. Contoh URL https://www.contoh.com
  5. Jika Sudah Tervirifikasi, lanjut klik tombol ....
  6. Klik tombol Sitemap
  7. Masukan sitemap/peta situs, biasanya formatnya seperti ini https://www.contoh.com/sitemap.xml
  8. Silakan di edit URL yang berwarna merah sesuai alamat website kalian.
  9. Kemudian Klik ....
  10. Lihat Pesan Apakah sudah terverifikasi.
  11. Selesai
Untuk cara kedua atau cara yanv paling mudah menurut saya yaitu dengan langsung mem-ping URL blog/website kalian langsung melalui browser. Dengan cara ini kalian tidak perlu login ke akun tertentu atau semacamnya, namun langsung dengan mengengetikan URL dengan format khusus, yang didalam URL tersebut sudah ditambahkan URL blog/website kalian. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Ambil copy format URL yang telah di tentukan Google forrmatnya, berikut formatnya : http://www.google.com/ping?sitemap=https://example.com/sitemap.xml
  2. Edit URL tersebut pada bagian alamat blog/website yang berwarna merah sesuai yang kalian miliki.
  3. Setelah selesai diedit, taruh URL yang sudah dimodifikasi tadi ke dalam kolom browser kalian.
  4. Lalu tekan ENTER
  5. Tunggu beberapa saat akan ada konfirmasi dari Google seperti contoh pesan dibawah.
  6. Selesai

Yup gampang sekali kan... 😊 selamat mencoba dan semoga berhasil...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gampag!!! Begini Cara Paling Mudah Mengatasi Masalah Header Error pada Import File JPEG di Adobe Premiere Pro CC

Illustration By : https://pixabay.com Design by Lalmch
Di postingan kali ini saya akan menjelaskan trik dan tips mudah mengenai bagaimana caranya mengatasi masalah "Header Error" pada saat melaluian proses import file JPEG atau JPG ke dalam Sequence di aplikasi Adobe Premiere Pro CC. Masalah ini biasanya akan didapat apabila kalian adalah seorang editor yang ingin membuat video dari slide foto dengan format JPEG, JPG atau PNG. 
Intinya pada postingan ini saya buat berdasarkan pengalaman saya sendiri pada saat melakukan editing video di Adobe Premiere Pro menggunakan bahan foto atau bukan footage. Caranya sangat mudah, apabila foto yang kalian jadikan bahan untuk video mengalami masalah "Header Error" pada saat proses import, maka coba cari dahulu file foto tersebut. Setelah filenya di temukan maka silakan di klik kanan file tersebut kemudian klik edit menggunakan aplikasi Paint 3D bawaan dari Windows 10. 
Setelah file berhasil dibuka, kemudian klik tombol simpan ulang…

Pengalaman Pertama Edit Video Menggunakan Adobe Premiere Pro CC

Sebenarnya keinginan untuk bikin video yang diedit-edit itu sudah lama pas sejak adanya kompetisi bikin video parodi momen ulang tahun perusahaan tempat saya bekerja, tepatnya adalah bulan April 2016 kemarin. Sebenarnya pada saat itu pengen juag ikut  berpartisipasi membuat video seperti di site-site lainnya, namun karena saya nda punya perangkat kamera dan nda tau cara edit-edit maka keinginan itu saya batalkan.
Sempat tanya-tanya teman di tempat kerja mengenai aplikasi editing video dan bagaimana cara mengeditnya, namun mereka tidak ada yang tau, walaupun tau informasi yang diberikan juga cukup minim bahkan kurang. Karena kebetulan mereka disini kebanyakan hobinya bukan ideografi tapi fotografi, jadi nda pada copy aplikasi-aplikasi editing video.
Karena sudah keburu penasaran sama yang namanya editing, kebetulan pada pagi sabtu itu yang adalah hari off saya. Pas kayanya paket data masih cukup banyak dan 3G masih stabil saya luangkan waktu untuk buka-buka youtube sambail cari-cari tut…

Perjalanan ke Pantai Teluk Tamiang dan Pulau Tanjung Kunyit

Sebenarnya rencana ingin berangkat refreshing sudah dimulai jauh-jauh hari, namun karena kendala ketepatan waktu libur teman-temanlah yang membuat perjalanan kami tertunda. Sebenarnya awalnya kami merencanakan liburan ke Pulau Samber Gelap di Kotabaru, Kalimantan Selatan namun pada akhirnya pilihan tersebut batal dikarekan ombak laut di Selat Makassar saat itu masih cukup besar. Paman sopir Speed Boat tidak berani mengendarai speed boatnya dengan kondisi laut seperti itu. Sehingga pilihan terakhir kami adalah ke Pantai Teluk Tamiang yang lokasinya juga berada di Pulau Kotabaru tetapi berada di bagian ujung selatan.


Rencana awal saya dan berdua teman saya berangkat dari rumah di Mantewe, Tanah Bumbu adalah pukul 06.00 Wita, namun karena subuh itu masih hujan rintik maka jadwal kami molorkan ke jam 06.30. Kami dan rombongan sepakat untuk bertemu di Pelabuhan Ferry Batulicin, karena tiga orang teman lainnya pada malam sebelumnya menginap di Batulicin. Ferry berangkat sekitar pukul 07.00 W…