Langsung ke konten utama

Cara Mudah Membuat Halaman Privacy Policy Pada Blog atau Website

Illustration by Freepik

Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan salah satu trik atau cara mudah agar blog pribadi kita yang ingin didaftarkan Program Google AdSense atau dimonetisasi menjadi lebih cepat untuk disetujui oleh Google AdSense. Caranya adalah dengan menambahkan halaman khusus yaitu halaman Privacy Policy atau Kebijakan Privasi pada blog kalian, sebenarnya halaman ini tidak begitu penting ditambahkan di dalam blog apabila blog tersebut tidak ada niatan untuk di monetize. 

Tetapi lain halnya apabila blog tersebut akan digunakan juga sebagai lahan passive income atau untuk penghasilan tambahan melalui Program Google AdSense, maka Privacy Policy menjadi salah satu sarat utama untuk mendapatkan persetujuan dari Tim Reviewer Google AdSense. Sebenarnya halaman Privacy Policy ini adalah satu kesatuan yang tak terpisahkan dari Halaman About Us, Disclaimer, Sitemap dan Contact Us, karena mereka sama pentingnya dalam proses pengajuan Google AdSense dan secara penempatanpun mereka juga selalu berdampingan. Untuk beberapa item diatas saya jelaskan cara pembuatannya pada artikel terpisah.

Pembuatan halaman Privacy Policy atau Kebijakan Privasi sendiri sangat mudah dilakukan, bisa dengan menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Indonesia. Bisa juga dengan mengarang sendiri jika kalian ahli dalam hal penulisan tata bahasa dan aspek legal atau hukum, atau dengan menggunakan website khusus kemudian kita hanya memasukan data-data yang diperlukan saja pada website tersebut untuk kemudian digenerate menjadi naskah Privacy Policy. Nah pada bahasan ini saya akan menjelaskan cara mudah atau langkah-langkah dalam pembuatan Privacy Policy dengan menggunakan website www... com.
Berikut langkah-langkahnya :
  1. Masuk dahulu ke website berikut : http://www.privacypolicyonline.com/
  2. Masukan data-data blog kalian pada kolom : Your Site Information and Contact, Cookies dan Advertisers on your site.
  3. Setelah semua telah diisi, kemudian klik tombol Generate HTML.
  4. Kemudian muncul kode html seperti berikut.
  5. Selelah muncul kodeHTML dari hasi generate, maka salin kode HTML tersebut.
  6. Lalu paste pada halaman di blog kalian yang telah kalian siapkan, ingat rubah dahulu ke HTML format halaman postingan tersebut.
  7. Kemudian taruh kode HTML Privacy Policy yang telah disalin pada postingan jalaman tersebut.
  8. Kemudian klik Publish.
  9. Ambil link halaman Privacy Policy tersebut, lalu taruh pada Menu Navigasi Header.
  10. Selesai, mudah sekali kan. Selamat mencoba.

Untuk pembuatan halaman kkhusus untuk About Us atau Tentang Kami dan Contact Us atau Kontak Kami, silakan kalian membuat dengan mengarang atau mendiskripsikan saja sesuai dengan isi blog kalian tanpa harus melakukan generate seperti dalam pembuatan Privacy Policy, Disclaimer ataupun Sitemap. Karena untuk Privacy Policy dan Disclaimer sendiri isinya adalah pernyataan yang isinya peraturan-peraturan dan kebijakan yang terkait blog kalian serta memiliki tanggung jawab hukum, sehingga pembuatan dan penyusunan kata-katanya harus benar-benar jelas dan dapat dipertanggung jawablan secara hukum. 

Begitu juga untuk Sitemap atau Peta Situs juga harus mengenerate melalui website atau bikin sendiri jika kalian ahli coding, karena Sitemap atau Peta Situs sendiri berisi tentang navigasi blog kita dan harus selalu otomatis update berdasarkan postingan kita yang telah di publish. Sedangkan untuk About Us dan Contact Us hanya terkait penjelasan ringan tentang blog kalian serta bagaimana pembaca bisa menghubungi pemilik blog tersebut atau kalian sebagai penulis. Untuk lebih jelasnya silakan klik halaman About Us dan Contact Us pada blog ini sebagai contoh sederhananya.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gampag!!! Begini Cara Paling Mudah Mengatasi Masalah Header Error pada Import File JPEG di Adobe Premiere Pro CC

Illustration By : https://pixabay.com Design by Lalmch
Di postingan kali ini saya akan menjelaskan trik dan tips mudah mengenai bagaimana caranya mengatasi masalah "Header Error" pada saat melaluian proses import file JPEG atau JPG ke dalam Sequence di aplikasi Adobe Premiere Pro CC. Masalah ini biasanya akan didapat apabila kalian adalah seorang editor yang ingin membuat video dari slide foto dengan format JPEG, JPG atau PNG. 
Intinya pada postingan ini saya buat berdasarkan pengalaman saya sendiri pada saat melakukan editing video di Adobe Premiere Pro menggunakan bahan foto atau bukan footage. Caranya sangat mudah, apabila foto yang kalian jadikan bahan untuk video mengalami masalah "Header Error" pada saat proses import, maka coba cari dahulu file foto tersebut. Setelah filenya di temukan maka silakan di klik kanan file tersebut kemudian klik edit menggunakan aplikasi Paint 3D bawaan dari Windows 10. 
Setelah file berhasil dibuka, kemudian klik tombol simpan ulang…

Perjalanan ke Pantai Teluk Tamiang dan Pulau Tanjung Kunyit

Sebenarnya rencana ingin berangkat refreshing sudah dimulai jauh-jauh hari, namun karena kendala ketepatan waktu libur teman-temanlah yang membuat perjalanan kami tertunda. Sebenarnya awalnya kami merencanakan liburan ke Pulau Samber Gelap di Kotabaru, Kalimantan Selatan namun pada akhirnya pilihan tersebut batal dikarekan ombak laut di Selat Makassar saat itu masih cukup besar. Paman sopir Speed Boat tidak berani mengendarai speed boatnya dengan kondisi laut seperti itu. Sehingga pilihan terakhir kami adalah ke Pantai Teluk Tamiang yang lokasinya juga berada di Pulau Kotabaru tetapi berada di bagian ujung selatan.


Rencana awal saya dan berdua teman saya berangkat dari rumah di Mantewe, Tanah Bumbu adalah pukul 06.00 Wita, namun karena subuh itu masih hujan rintik maka jadwal kami molorkan ke jam 06.30. Kami dan rombongan sepakat untuk bertemu di Pelabuhan Ferry Batulicin, karena tiga orang teman lainnya pada malam sebelumnya menginap di Batulicin. Ferry berangkat sekitar pukul 07.00 W…

Pengalaman Pertama Edit Video Menggunakan Adobe Premiere Pro CC

Sebenarnya keinginan untuk bikin video yang diedit-edit itu sudah lama pas sejak adanya kompetisi bikin video parodi momen ulang tahun perusahaan tempat saya bekerja, tepatnya adalah bulan April 2016 kemarin. Sebenarnya pada saat itu pengen juag ikut  berpartisipasi membuat video seperti di site-site lainnya, namun karena saya nda punya perangkat kamera dan nda tau cara edit-edit maka keinginan itu saya batalkan.
Sempat tanya-tanya teman di tempat kerja mengenai aplikasi editing video dan bagaimana cara mengeditnya, namun mereka tidak ada yang tau, walaupun tau informasi yang diberikan juga cukup minim bahkan kurang. Karena kebetulan mereka disini kebanyakan hobinya bukan ideografi tapi fotografi, jadi nda pada copy aplikasi-aplikasi editing video.
Karena sudah keburu penasaran sama yang namanya editing, kebetulan pada pagi sabtu itu yang adalah hari off saya. Pas kayanya paket data masih cukup banyak dan 3G masih stabil saya luangkan waktu untuk buka-buka youtube sambail cari-cari tut…