Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pelabuhan Batang atau Pelabuhan Kodeco | Objek Wisata Hits Kekinian di Batulicin. Lokasi di Desa Tungkaran Pangeran Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan


Pada postingan kali ini saya akan bercerita tentang jalan-jalan sore saya ke Pelabuhan Batang. Pelabuhan Batang adalah salah satu pelabuhan milik salah satu perusahaan swasta di Batulicin kalau tidak salah yaitu PT. Jhonlin Group. Pelabuhan ini sebelumnya bukan bernama Pelabuhan Batang namun adalah Pelabuhan Kodeco karena pada waktu itu pemiliknya adalah PT. Kodeco Plywood (kalau tidak salah). 

Pelabuhan ini secara fungsi saya kurang tahu detail untuk bongkar muat apa saja, namun yang pasti disini banyak kapal Tug Boat milik PT. Jhonlin Group yang parkir atau bersandar disini. Pelabuhan batang secara lokasi tidak jauh dari pusat kota Batulicin bahkan boleh dibilang masih di area pusat kota Batulicin. 

Secara detail lokasinya berada di Jl. Kodeco Km. 1 Desa Tungkaran Pangeran Kec. Simpang Empat Kab. Tanah Bumbu Kalimantan Selatan, tepatnya berada di belakang KFC Batulicin. Jadi tidak perlu waktu lama untuk mencapai objek wisata ini. Jika dihitung dari Simpang Empat Batulicin hanya membutuhkan waktu kira-kita 15 menit. Karena jalan menuju lokasi ini sangat mulus dan beraspal, seperti saya bilang sebelumnya karena lokasinya masih berada di dalam kota.


1EHER.com - Pelabuhan Batang merupakan objek wisata baru keluarga di Batulicin yang mulai terkenal kira-kira sejak tahun 2016 sampai dengan sekarang. Sebenarnya tidak ada yang terlalu istimewa di pelabuhan ini, seperti halnya pelabuhan seperti biasanya namun mungkin karena masih terbatasnya tempat liburan atau tempat santai keluarga di Batulicin sehingga salah satunya pelabuhan inilah yang dijadikan tempat alternatif warga kota Batulicin untuk menghabiskan waktu sore hari khususnya di akhir pekan bersama keluarga. Tempat parkir di tempat ini gratis baik untuk kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Di Pelabuhan Batang sendiri yang menjadi daya tarik utamanya adalah wisata kuliner jajanan khas sore hari, seperti segala macam gorengan, ada juga makanan yang cukup berat dan mengenyagkan serta tidak ketinggalan adalah banyaknya fasilitas bermain anak-anak yang tentunya berbayar seperti odong-odong dan lain-lain. Tempat wisata ini atau boleh juga dibilang tempat bersantai ini juga menawarkan view atau pemandangan yang cukup menarik di sore hari. 

Karena selain kita dapat melihat kapal-kapal tug boat yang sedang bersandar, kita juga dapat menikmati keindahan Selat Batulicin yang disebrangnya terdapat Pulau Sewangi yang dipenuhi oleh tanaman mangrove atau bakau. Yang pasti karena pelabuhan ini menghadap ke arah selatan dan timur sehingga lokasi ini menjadi teduh di waktu sore dan kita juga dapat menikmati keindahan sunset walaupun tidak terlalu sempurna. Selain itu disini juga ada yang menyediakan penyewaan speed boat bagi yang ingin menikmati laut ataupun melihat-lihat pulau disebrangnya, namun saya belum tau tarifnya berapa rupiah.

Perlu diperhatikan khusus bagi keluarga yang membawa anak-anaknya agar selalu mengawasi putra putri mereka, mengingat pelabuhan ini tidak memiliki pagar atau pembatas apapun itu sehingga sangat rawan untuk terjatuh langsung ke laut. Pelabuhan Batang juga merupakan salah satu akses bagi para wisatawan yang ingin berwisata di hutan mangrove atau bakau dan wisata panen buah di Pulau Burung yang lokasinya tidak jauh dari Pelabuhan Batang.

Bagi kalian yang ingin membawa keluarga untuk bersantai sore hari, Pelabuhan Batang adalah pilihan yang tepat. Selain viewnya yang cukup indah yang diiringi deburan angin khas pesisir, kalian juga pastinya bisa menikmati berbagai jajanan khas sore hari sepuasnya dengan harga yang relatif cukup murah. Yang pastinya disini juga banyak terdapat arena bermain anak yang tarifnya juga relatif murah. 

Pelabuhan Batang hanya ramai dikunjungi pada sore saat weekend atau akhir pekan yaitu Sabtu dan Minggu sore. Pelabuhan ini mulai ramai dikunjungi dari jam 04.00 sore sampai jam 07.00 sore, namun puncak keramaiannya adalah di jam 05.00 sore. Untuk lebih jelasnya silakan dilihat foto-foto terlampir dan silakan dinikmati video dokumentasinya di YouTube yaitu EHER Channel dan jangan lupa di like dan subscribe ya, terima kasih 😊

Posting Komentar untuk "Pelabuhan Batang atau Pelabuhan Kodeco | Objek Wisata Hits Kekinian di Batulicin. Lokasi di Desa Tungkaran Pangeran Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan"

Berlangganan via Email