Langsung ke konten utama

Pelabuhan Batang atau Pelabuhan Kodeco | Objek Wisata Hits Kekinian di Batulicin. Lokasi di Desa Tungkaran Pangeran Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan


Pada postingan kali ini saya akan bercerita tentang jalan-jalan sore saya ke Pelabuhan Batang. Pelabuhan Batang adalah salah satu pelabuhan milik salah satu perusahaan swasta di Batulicin kalau tidak salah yaitu PT. Jhonlin Group. Pelabuhan ini sebelumnya bukan bernama Pelabuhan Batang namun adalah Pelabuhan Kodeco karena pada waktu itu pemiliknya adalah PT. Kodeco Plywood (kalau tidak salah). Pelabuhan ini secara fungsi saya kurang tahu detail untuk bongkar muat apa saja, namun yang pasti disini banyak kapal Tug Boat milik PT. Jhonlin Group yang parkir atau bersandar disini.

Pelabuhan batang secara lokasi tidak jauh dari pusat kota Batulicin bahkan boleh dibilang masih di area pusat kota Batulicin. Secara detail lokasinya berada di Jl. Kodeco Km. 1 Desa Tungkaran Pangeran Kec. Simpang Empat Kab. Tanah Bumbu Kalimantan Selatan, tepatnya berada di belakang KFC Batulicin. Jadi tidak perlu waktu lama untuk mencapai objek wisata ini. Jika dihitung dari Simpang Empat Batulicin hanya membutuhkan waktu kira-kita 15 menit. Karena jalan menuju lokasi ini sangat mulus dan beraspal, seperti saya bilang sebelumnya karena lokasinya masih berada di dalam kota.


Pelabuhan Batang merupakan objek wisata baru keluarga di Batulicin yang mulai terkenal kira-kira sejak tahun 2016 sampai dengan sekarang. Sebenarnya tidak ada yang terlalu istimewa di pelabuhan ini, seperti halnya pelabuhan seperti biasanya namun mungkin karena masih terbatasnya tempat liburan atau tempat santai keluarga di Batulicin sehingga salah satunya pelabuhan inilah yang dijadikan tempat alternatif warga kota Batulicin untuk menghabiskan waktu sore hari khususnya di akhir pekan bersama keluarga. Tempat parkir di tempat ini gratis baik untuk kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Di Pelabuhan Batang sendiri yang menjadi daya tarik utamanya adalah wisata kuliner jajanan khas sore hari, seperti segala macam gorengan, ada juga makanan yang cukup berat dan mengenyagkan serta tidak ketinggalan adalah banyaknya fasilitas bermain anak-anak yang tentunya berbayar seperti odong-odong dan lain-lain. Tempat wisata ini atau boleh juga dibilang tempat bersantai ini juga menawarkan view atau pemandangan yang cukup menarik di sore hari. Karena selain kita dapat melihat kapal-kapal tug boat yang sedang bersandar, kita juga dapat menikmati keindahan Selat Batulicin yang disebrangnya terdapat Pulau Sewangi yang dipenuhi oleh tanaman mangrove atau bakau. Yang pasti karena pelabuhan ini menghadap ke arah selatan dan timur sehingga lokasi ini menjadi teduh di waktu sore dan kita juga dapat menikmati keindahan sunset walaupun tidak terlalu sempurna. Selain itu disini juga ada yang menyediakan penyewaan speed boat bagi yang ingin menikmati laut ataupun melihat-lihat pulau disebrangnya, namun saya belum tau tarifnya berapa rupiah.

Perlu diperhatikan khusus bagi keluarga yang membawa anak-anaknya agar selalu mengawasi putra putri mereka, mengingat pelabuhan ini tidak memiliki pagar atau pembatas apapun itu sehingga sangat rawan untuk terjatuh langsung ke laut. Pelabuhan Batang juga merupakan salah satu akses bagi para wisatawan yang ingin berwisata di hutan mangrove atau bakau dan wisata panen buah di Pulau Burung yang lokasinya tidak jauh dari Pelabuhan Batang.

Bagi kalian yang ingin membawa keluarga untuk bersantai sore hari, Pelabuhan Batang adalah pilihan yang tepat. Selain viewnya yang cukup indah yang diiringi deburan angin khas pesisir, kalian juga pastinya bisa menikmati berbagai jajanan khas sore hari sepuasnya dengan harga yang relatif cukup murah. Yang pastinya disini juga banyak terdapat arena bermain anak yang tarifnya juga relatif murah. Pelabuhan Batang hanya ramai dikunjungi pada sore saat weekend atau akhir pekan yaitu Sabtu dan Minggu sore. Pelabuhan ini mulai ramai dikunjungi dari jam 04.00 sore sampai jam 07.00 sore, namun puncak keramaiannya adalah di jam 05.00 sore. Untuk lebih jelasnya silakan dilihat foto-foto terlampir dan silakan dinikmati video dokumentasinya di YouTube yaitu EHER Channel dan jangan lupa di like dan subscribe ya, terima kasih 😊

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gampag!!! Begini Cara Paling Mudah Mengatasi Masalah Header Error pada Import File JPEG di Adobe Premiere Pro CC

Illustration By : https://pixabay.com Design by Lalmch
Di postingan kali ini saya akan menjelaskan trik dan tips mudah mengenai bagaimana caranya mengatasi masalah "Header Error" pada saat melaluian proses import file JPEG atau JPG ke dalam Sequence di aplikasi Adobe Premiere Pro CC. Masalah ini biasanya akan didapat apabila kalian adalah seorang editor yang ingin membuat video dari slide foto dengan format JPEG, JPG atau PNG. 
Intinya pada postingan ini saya buat berdasarkan pengalaman saya sendiri pada saat melakukan editing video di Adobe Premiere Pro menggunakan bahan foto atau bukan footage. Caranya sangat mudah, apabila foto yang kalian jadikan bahan untuk video mengalami masalah "Header Error" pada saat proses import, maka coba cari dahulu file foto tersebut. Setelah filenya di temukan maka silakan di klik kanan file tersebut kemudian klik edit menggunakan aplikasi Paint 3D bawaan dari Windows 10. 
Setelah file berhasil dibuka, kemudian klik tombol simpan ulang…

Perjalanan ke Pantai Teluk Tamiang dan Pulau Tanjung Kunyit

Sebenarnya rencana ingin berangkat refreshing sudah dimulai jauh-jauh hari, namun karena kendala ketepatan waktu libur teman-temanlah yang membuat perjalanan kami tertunda. Sebenarnya awalnya kami merencanakan liburan ke Pulau Samber Gelap di Kotabaru, Kalimantan Selatan namun pada akhirnya pilihan tersebut batal dikarekan ombak laut di Selat Makassar saat itu masih cukup besar. Paman sopir Speed Boat tidak berani mengendarai speed boatnya dengan kondisi laut seperti itu. Sehingga pilihan terakhir kami adalah ke Pantai Teluk Tamiang yang lokasinya juga berada di Pulau Kotabaru tetapi berada di bagian ujung selatan.


Rencana awal saya dan berdua teman saya berangkat dari rumah di Mantewe, Tanah Bumbu adalah pukul 06.00 Wita, namun karena subuh itu masih hujan rintik maka jadwal kami molorkan ke jam 06.30. Kami dan rombongan sepakat untuk bertemu di Pelabuhan Ferry Batulicin, karena tiga orang teman lainnya pada malam sebelumnya menginap di Batulicin. Ferry berangkat sekitar pukul 07.00 W…

Indahnya Air Terjun Mandin Damar di Kecamatan Mantewe, Kabupaten Tanah Bumbu

Pada postingan kali ini saya akan bercerita tentang perjalanan saya ke tempat wisata Air Terjun Mandin Damar yang berada di Desa Gunung Raya Kecamatan Mantewe Kab. Tanah Bumbu Kalimantan Selatan. Sebenarnya rencana sebelumnya perjalanan ke air terjun ini bukanlah tujuan utama kami, tetapi karena cuaca yang tidak bersahabat pada saat itu sehingga kami putuskan hanya datang ke Air Terjun Mandin Damar. Lokasi air terjun ini sebenarnya berada di desa tetangga saya, walaupun desa tetangga yang logikanya dekat namun ini adalah kali pertama saya kesana. Itupun tahunya gara-gara melihat feed di instagram. 

Jarak antara tempat tinggal saya sekitar ke Air Terjun Mandin Damar sekitar 9 Kilometer, tetapi ternyata ditambah lagi jaraknya sekitar 6 Kilometer perjalanan. Jadi posisi air terjun ini tidak berada di sisi jalan utama Jl. Kodeco Km.60 jalur Batulicin - Kandangan, tetapi harus masuk lagi ke dalam perkampungan yang bukan perkampungan utama dengan kondisi jalan yang berbatu-batu. Apabila kali…