Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Freepik adalah Marketplace Favorit untuk Jualan Foto dan Design Grafis di Internet


1EHER.com - Umurnya masih terbilang cukup muda dalam dunia bisnis penjualan karya seni seperti Foto, Design Grafis dan Mock Up Design. Namun jangan salah, walaupun masih cukup baru dibanding pendahulunya seperti Shutterstock, iStock, Getty Images ataupun Adobe Stok, Freepik bisa dikatakan sudah dapat meraih kesuksesan menyamai bahkan lebih dari pendahulunya.

Perlu kalian ketahui bahwa Freepik didirikan oleh Alejandro Sanchez Blanes, Pablo Sanchez Blanes dan Joaquin Cuenca Abela pada tahun 2010 dan berkantor pusat di Malaga, Spanyol. Saat ini Freepik telah diakuisis oleh perusahaan investasi multinasional asal Swedia yaitu EQT dengan kepemilikan saham yang tidak diinformasikan.

Memiliki 18 juta user unik baik Free User ataupun Premium User, sehingga Freepik dapat menghasilkan sekitar 50 juta view bulanan ke website mereka tentu saja memberikan dampak yaitu jutaan download per bulannya dari konten mereka. Tentunya semua ini tidak lepas dari salah satu strategi bisnis yang mereka terapkan yaitu dengan menjalankan sistem premium subscription, bahkan Freepik bisa dibilang sebagai pelopor dalam hal ini.

Bangkitnya Freepik sedikit membuat kelimpungan perusahaan lainnya yang memiliki bidang bisnis yang serupa yaitu bisnis penjualan karya seni dengan lisensi royalty-free. Karena sistem penjualan yang diterapkan oleh Freepik sedikit banyak telah mempengaruhi cara pelanggan dalam mendapatkan konten yang mereka inginkan.

Dengan kemajuan Freepik seperti sekarang juga sangat berdampak pada penghasilan para kontributornya. Banyak kontributor yang dapat menghasilkan ribuan Euro dalam satu bulannya dengan hanya menjual hasil karya mereka melalui marketplace ini. Kontributor Freepik terbagi menjadi dua bagian, ada contributor ekslusif dan kontributor reguler.

Ekslusif berarti konten yang dikirim ke Freepik tidak diperbolehkan untuk diperjualbelikan di marketplace selain Freepik, untuk yang bersifat reguler berarti karya seni yang dijual di Freepik masih bisa untuk dijual ke marketplace lainnya. Tentunya baik ekslusif ataupun reguler memiliki sistem royalty yang berbeda pula.

Karena income yang dihasilkan melalui Freepik sangat menggiurkan, maka banyak kontributor dari berbagai belahan dinia bergabung disini untuk memasarkan karya mereka. Tentu saja juga menarik perhatian para graphic designer dan forografer asal Indonesia. Sudah ribuan designer dari Indonesia yang telah bergabung di Freepik baik sebagai kontributor ekslusif ataupun kontributor reguler.

Jika kalian adalah seorang designer grafis ataupun fotografer maka tidak salahnya mencoba mendaftar menjadi kontributor Freepik, karena di Freepik kalian bisa menghasilkan uang sampai ribuan euro jika kalian konsisten. Mendaftarnya pun terbilang cukup mudah, hanya mengisi biodata dan alamat sesuai KTP serta menyiapkan 20 design atau foto sebagai test pertama untuk direview. Berikut adalah link pendaftarannya, good luck.

Posting Komentar untuk "Freepik adalah Marketplace Favorit untuk Jualan Foto dan Design Grafis di Internet"

Berlangganan via Email