Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menghasilkan Uang di Internet dengan Menulis Blog


1EHER.com - Di era digital seperti saat ini tentunya memberikan kemudahan bagi setiap orang yang bisa memanfaatkannya. Banyak orang yang dapat menghasilkan uang dari dunia digital seperti YouTuber, Instagram Influincer, Graphic Designer, Software Programmer dan banyak lagi.

Untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah melalui internet sudah pasti harus memiliki keahlian tertentu serta konsisten dalam menjalankannya. Menulis adalah salah satu keahlian yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan uang melalui internet. Tentunya kalian sudah pernah bukan sekali dua kali membaca artikel di internet, nah artikel itulah yang dimaksud dengan tulisan.

Artikel yang kalian pernah baca sudah pasti ada penulisnya baik yang berasal dari situs berita besar ataupun situs yang bisa dibilang masih amatir. Pertanyannya “apakah penulis artikel dibayar..?”, jawabannya adalah “iya” apabila mereka bekerja sebagai karyawan di situs berita tersebut, misal di Detik, Tribun, Kompas dan lain-lain.

Menulis artikel tidak melulu harus menjadi karyawan di situs berita besar, karena ada juga yang melakukannya sebagai freelancer atau menulis artikel berdasarkan order dari perusahaan media atau pemilik produk tertentu. Tetapi dua jenis profesi menulis seperti di atas harus memiliki jam terbang yang tinggi dan tidak semua orang mampu melakukannya.

Salah satu peluang penghasilan yang bisa kalian dapat dari hobi menulis kalian adalah menjadi seorang Blogger. Dalam dunia blogger atau blogging kalian tidak perlu harus berstatus sebagai karyawan media ataupun harus mendapatkan order terlebih dahulu, karena menulis blog dapat dilakukan oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun. Syaratnya kalian hanya perlu membuat blog dan kemudian mengisinya dengan tulisan kalian sendiri.

Menulis blog tidak ada aturan baku-nya, kalian dapat menulis sesuka hati di blog milik kalian. Kalian dapat menulis apapun yang ingin diutarakan sesuai hobi kalian, misal tulisan tentang pandangan politik, kesehatan, otomotif, software, game, film, musik, travelling atau kecantikan. Kalian bisa menulis artikel dengan cara dan gaya bahasa yang kalian sukai, semakin otentik gaya bahasa yang digunakan maka blog akan semakin memiliki ciri khas atau karakter yang akan membuat blog kalian lebih cepat dikenak dan gampang diingat oleh pembaca.

Untuk dapat menghasilkan uang dari artikel yang kalian tulis, tentunya perlu dilakukan beberapa cara berikut : pertama adalah (sponsored post) yaitu dengan cara menulis artikel kolaborasi tentang suatu produk misal launching produk baru, kedua adalah (blog monetization) yaitu dengan cara memonetisasi blog kalian melalui program Google Adsense, mgid, Adsterra atau platform sejenis lainnya.

Bagi kalian penulis amatir atau pemula pilihan paling gampang dilakukan adalah dengan cara memonetisasi blog menggunakan platform penyalur iklan seperti yang saya sebutkan di atas. Monetisasi yang dimaksud disini adalah blog (milik kalian) kalian izinkan untuk menampilkan iklan dari platform penyalur iklan, kemudian kalian akan dibayar oleh si penyalur tersebut berdasarkan skema tertentu yang telah ditetapkan oleh masing-masing platform.

Saat ini Google AdSense adalah platform penyalur iklan terfavorit untuk memonetisasi blog atau website, banyak situ berita besar sampai blog pribadi memggunakannya. Penghasilan yang bisa didapat dari menjadi publisher Google AdSense dapat mencapai ribuan dollar per-bulannya, namun semua itu tergantung dari popularitas blog itu sendiri. Semakin tinggi popularitas suatu blog, maka akan semakin banyak traffic kunjungan yang datang yang pada akhirnya mempengaruhi tingkat pendapatan blog itu sendiri.

Google AdSense adalah layanan penyalur iklan yang dimiliki oleh perusahaan raksasa teknologi asal Amerika Serikat yaitu Google, Inc. Google AdSense dapat dikatakan sebagai makelar atau penghubung antara pengiklan dan tempat beriklan. Website, Blog atau YouTube merupakan contoh dari tempat beriklan di dunia digital saat ini.

Sistem komisi yang berlaku di Google AdSense ada dua. Pertama tempat beriklan (publisher) akan di dibayar berdasarkan jumlah klik iklan yang dilakukan oleh pengunjung, yang mana harga per-klik iklan sendiri memiliki nilai yang berbeda-beda berdasarkan kata kunci yang dipilih oleh pengiklan. Komisi yang kedua didapat berdasarkan per-seribu iklan tayang atau dilihat oleh pengunjung blog, nilai per-seribu kali tayang ini juga bervariasi karena dinilai berdasarkan negara pengunjung berasal.

Untuk mendapatkan penghasilan tambahan di internet kalian tidak harus memiliki penampilan yang good looking ataupun harus pintar berbicara di depan kamera. Banyak blogger yang telah berhasil dari menjadi penulis blog pribadi bahkan dapat melampaui penghasilan para pekerja kantoran pada umumnya.

Jika kalian memang memiliki hobi menulis maka jangan sia-siakan bakat kalian, menulis dapat dilakukan pada waktu luang saja. Anggaplah menulis adalah hobi kalian, jadi tidak perlu mejnadikannya beban. Menulislah pada saat mood-nya datang saja, syukur-syukur bisa menghasilkan uang.

Bagaimana? Apakah kalian tertarik untuk menghasilkan uang tambahan dari menulis? Jika tertarik, berikut adalah artikel tentang penjelasan “apa itu blog dan bagaimana cara membuatnya” kalian bisa mempelajarinya dengan mengklik tautan berikut : .... 

Posting Komentar untuk "Menghasilkan Uang di Internet dengan Menulis Blog"