Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wajib Tau! Cara Benar dalam Membuat Judul Artikel Blog


1EHER.com - 
Menjalani dunia blogging bisa dikatakan susah-susah gampang, terlebih lagi jika blog tersebut diperuntukan sebagai lahan mengais rezeki. Banyak hal-hal teknis yang harus dipelajari, apalagi yang berkaitan dengan SEO. SEO adalah search engine optimization, yang bertujuan agar blog mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Salah satu hal yang masih belum banyak diketahui oleh blogger pemula adalah yang berkaitan dengan judul postingan blog. Banyak blogger pemula yang membuat judul pada postingan dengan memasukan banyak kata kunci, sehingga membuat judul artikel menjadi panjang. Mereka berpikiran bahwa semakin panjang judul artikel, maka akan semakin baik.

Ternyata pemahaman di atas adalah salah, karena semakin panjang judul artikel maka akan membuat aspek SEO pada artikel menjadi buruk. Karena fokus dari bot mesin pencari akan semakin melebar atau kurang tajam.

Membuat judul artikel yang menarik dan memberikan kesan penasaran kepada pembaca juga merupakan sala satu trik penting. Sudah cukup banyak blog yang menerapkan teknik ini untuk menggaet pengunjung, namun yang harus diperhatikan yaitu jangan sampai judul yang dibuat klikbait. Karena apabila judul tersebut tidak relevan dengan artikel yang disuguhkan, maka akan membuat kapok pengunjung dan akan membuat rating jeblok di sistem mesin pencari.

Selain teknik dalam penyusunan kata dalam membuat judul artikel, jumlah kata yang digunakan sangat mempengaruhi performa SEO. Buatlah judul artikel yang yang terdiri dari 7-10 kata saja, artinya jangan terlalu pendek dan jangan terlalu panjang. Pastikan dalam judul artikel sudah mencakup kata kunci utama yang akan ditarget.

Judul artikel dapat dipangkas dengan cara mengurangi kata-kata penghubung misal “untuk”, “dari”, “atau”, “dan”, “agar”, “yang”, serta kata sejenisnya.

Dengan membuat judul postingan atau judul artikel yang ramah SEO maka akan memberikan image lebih bagus di mata robot perayap sehingga akan menghasilkan rating yang baik pula pada hasil pencarian di mesin pencari.

Hal simpel namun jarang disadari. Trik yang sangat mudah dilakukan, namun memberikan efek yang sangat besar. Setelah membaca artikel ini saya harap wawasan kalian menjadi bertambah dan memberikan efek positif. Selamat berkarya dan happy blogging.

1 komentar untuk "Wajib Tau! Cara Benar dalam Membuat Judul Artikel Blog"